Awalan

Tiada Yang Salah. Hanya Aku Manusia Bodoh

Rabu, 17 April 2013

JAKARTA OH JAKARTA


Hidup di Jakarta itu ternyata susah. Semua serba mahal, banyak tindak kejahatan harga yang tak manusiawi. Soto ayam di Surabaya yang dulunya bisa gue beli dengan harga 6000 harus ber evolusi menjadi 8000 di Jakarta.

“Ceileh beda 2000 doang aja kok diributin kow?”

Ya buat kalian yang dari kaum berada mungkin 2000 bukan apa-apa tapi buat gue itu berarti banget. Gue nyemir sepatu om-om genit di stasiun dapet 2000 perak sepasang. Tambah 5000 kalo tuh om-om ternyata homo dan ngajak check-in. *Murah banget ya harga diri gue.

Balik lagi yuk. Di Jakarta itu kita bisa survive kok kalau tau caranya. Banyak temen kuliah gue yang sekarang kerja di sini berbagi tips. Untuk transportasi misalnya, usahakan tempat kos dekat dengan tujuan kerja/kuliah. Jangan jauh-jauh.

For info aja nih, naik KRL dari Bogor ke arah Jakarta Kota itu 9000 rupiah sekali jalan. Pulang-pergi jadi 18.000 sehari. Jadi kalau kalian cari gebetan/pacar usahakan yang dekat pula jangan yang nge kos di Serpong (Perjalanan dari Jakarta-Serpong itu 2 Jam naik kereta dan gue sudah dengan bodoh pernah mengalaminya. Bukan pacaran sih, tapi ngekos -__- )

Naik Busway, ini bisa jadi pilihan alternatif. Tapi pernah gue dengan bodoh (lagi) turun dari busway dan keluar dari shelter nya. Alhasil pas masuk lagi harus bayar. Usahakan untuk alasan apapun, kalian jangan pernah keluar dari Shelter busway. Apapun yang terjadi. Kalau perlu pindah kos disana. Makan, tidur, mandi, buang air di shelter busway. Kok sama kayak gembel ya kow? Yaudah itu seni bertahan hidup.

Bajaj. Yup. Bajaj merupakan moda transportasi paling “Asoy-indehoy-cihuy’” di Jakarta. Yang bikin bangke, harga naik bajaj bisa sama dengan harga naik taxi sekelas Blue bird. Kudu pinter nawar dan jangan keliatan kalian orang baru di Jakarta. Pasanglah muka Sotoy dan muka orang lawas. Tawar se rendah-rendahnya.

“Bang, ke Monas 5000 ribu yah” Saat kalian naik bajaj dari Tebet sangat tidak disarankan atau kalian bakal dihajar PTB (Persatuan Tukang Bajaj) karena keliatan banget kalau kalian sok tau banget. Tebet-Monas tuh jauh btw.

Bajaj tuh bikin kita bergeterrrrr riaaaa. Kalo lo ngetweet di bajaj misalnya “Gue naik Bajaj Nih” jangan heran pas turun dari bajaj ada yg nge retweet “gwweee nnaaaikkk bbbaajjaaajj nnniihh” *efek geter-geter. Tapi naik bajaj juga rawan dijambret. Ingat! Jendela bajaj tuh bikin penjahat leluasa nge jambret. Usahakan taruh barang berharga di tengah jangan di pinggir kalian. Lebih aman lagi kalo lo request ke abang bajaj buat nutup jendela pake kaca bulletproof *ceileh ini bajaj apa mobil james bond yak.

Ojek. Banyak yg meremehkan kehadiran tukang ojek. Tukang ojek tuh vital. Jangan ditambahin alat! Tukang O-Jack *biar keren dulu tuh sejarahnya namanya Jeki. Bang Jeki. Sebelum ramai seperti sekarang, Bang Jeki punya inisiatif buat jadi pengantar penumpang via motor. Pas lagi ada bule main ke Jakarta, lagi butuh cepet dan naik motor, si bule nanya ke orang sekitar.

“Eh ,  nyong butuh orang yang bisa nganter nyong naik motor nih. Pean tau gak?” *ini bule kok Tegal? Yaudah gak penting.

“Oh bisa mister. Namanya Bang JEKI” jawab warga.

“OOOOOHH...JACK?”. Kata Bule
“Iya..OJEK” dan kata tersebut menjadi trandmark seperti sekarang. The Legend Of Bang Jeki. The Birth of the legend Ojek *Halah.

Pantes, Cinta Laura sebagai duta Bule, terkenal dengan quote nya :

“Udah Hujyan, Becyek gak ada Ojyek”. Itulah asal-usulnya.
Gak nyambung? Ya gue juga nyadar sih tapi yauda biarin. Yang jelas naik ojek tuh enak karena bisa cepet sampai tujuan dan gak macet.

Nah itu sekilas tentang “How To Survive” nya buat Jakarta di Bidang Transportasi. Untuk bidang yang lain akan menyusul. Sudah ah gue mau naik Bajaj dulu. Ddaddahahahaaaaah *Geter.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar